11 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Kamu Belum Dapat Pekerjaan

Menganggur nggak bikin kamu bener-bener nganggur kan?

Advertisements
lowongan-ludes-130821b
bisnis.liputan6.com

Alhamdulillah…. Assalaamu’alaykuum shalihaat… bloggers, readers, dan teman-teman lainnya..

Belum dapet pekerjaan kerap bikin kita galau, malu, dan sedih karena belum bisa mandiri. Ya kan? Apalagi ketika sudah sekolah tinggi, tapi lowongan pekerjaan yang dimau tidak sesuai harapan, nggak sreg di hati, bahkan jauh dari kemampuan ._. melihat teman-teman yang lain bisa liburan, bisa kuliner, bisa bahagia dengan hasil keringat sendiri, bikin kamu makin stress ketika nganggur..

Weits!!…. jangan minder dan pesimis dulu doong 😀 semua orang bisa bahagia meskipun nggak kerja di perusahaan besar 😀 tapi jangan lupa untuk terus berusaha dan MOVE!! Karena terlalu lama diam dan bermalas-malasan justru nggak baik banget buat kesehatan dan fisik kamu..

Aku ada beberapa kegiatan yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi kekosongan harimu dikala nungguin jadwal jobfair, nunggu panggilan kerja, nunggu dilamar, dan lain sebagainyaaah… (^^’)

Berikut 11 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kekosongan jadwalmu yang nggak sepadet waktu sekolah atau kuliah:

  1. Belajar Memasak
memasak
sulawesi.bisnis.com

Dirumah aja, tanpa uang jajan, tanpa liburan bikin banget laper mata : ( sekalinya ada uang trus dibuat jajan di café sama temen-temen eh mahal bangeet bikin kantong tipis 😥 kamu harusnya bisa lebih kreatif menanggapi hal itu, shalihaah : )

Kamu bisa kok bikin makanan-makanan untuk camilan, kripik-kripik, roti-roti, dan bahkan untuk makanan sehari-hari yang enak dan lezat! Tentunya lebih ekonomis dikarenakan kita buat sendiri. Banyak benefit dari memasak sendiri loh dear, selain bikin kita lebih berpengalaman dalam hal padu-padan rasa, terutama untuk wanita yang suatu saat pasti bakal bahagia kalo bisa masakin masakan enak buat suaminya(hehehe)… kamu juga bisa memilih sendiri bahan-bahan yang bagus dan sehat tentunya untuk tubuhmu sendiri, jika perlu memang tanpa penyedap, micin, dsb.. tentu hal itu bisa menjadikan kebanggaan tersendiri karena kita bisa diandalkan dikala laper tapi keuangan menipis 😀

  1. Menggambar dan Mewarna
anak-menggambar
bisnis.liputan6.com

Menggambar? Mewarnai? Duuuh itu kan pelajaran jaman masih nak-kanaak…
eeehhhh… jangan meremehkan the power of mewarnai dulu niih…
untuk kita yang terbiasa memakai otak kiri untuk sekolah atau kuliah dulu, tentunya kita harus mengimbangi dengan otak kanan untuk melatih kreativitas.

Sekarang lagi marak-maraknya buku mewarnai yang harganya mahal banget tapi emang bagus buat mewarna.. bukan untuk anak TK kok, ini untuk anak seumuran kita juga bisa, dalam kata lain untuk umum lah ya 😀

Dengan memiliki kesibukan mewarnai dan padu-padan warna, gradient, tumpuk warna, akan melatih kegiatan di otak kanan dan membuatmu lebih relax dalam melakukan kegiatan ini. Sehingga kamu nggak terlalu memikirkan atau diam berkutat ketika nungguin panggilan kerja atau adanya jobfair lagi..

  1. Belajar Design
images
getongoogle.in

Selain menggambar dan mewarna, kamu bisa lebih mengaplikasikan kegiatan tersebut dengan teknologi. Alias bikin design dengan apps seperti Corel Draw, AI, Photoshop, Inkscape, dll.
“aduh, aku gak bakat design : (“
heeemm, pengalaman pribadi sih, to be honest aku juga nggak begitu bakat dalam hal design, apalagi yang pake Corel, dll. Tapi aku tetep bergabung di dalam komunitas yang berbau design.. wah ini semacam ditarget juga 😀 minder banget pas kumpul sama mereka-mereka yang sudah expert dan udah lihai sama apps-nya. Tapi ketika kita terus berlatih, hal itu dirasa menyenangkan dan hasilnya meskipun nggak bagus-bagus banget lumayan juga buat pengalaman. Lama-lama kamu akan berkembang dan kepo sama tools-tools lainnya.. Kemudian belajar bikin logo yang simpel-simpel gitu, bisa aja ntar kamu menemukan bakat terpendam kamu dan jadi freelance pembuatan logo  dan design 😀 who knows?

  1. Belajar Bahasa Inggris
556850610423bdc7688b4568
kompasiana.com

Buat kalian yang nilai TOEFL-nya bikin galau, heemmmm mungkin kalian harus lebih banyak berlatih lagi! Nggak bisa dipungkiri nilai TOEFL penting dan kadang malah jadi persyaratan untuk melamar di perusahaan tertentu. Ada yang bilang les dan tes TOEFL mahal. Well, tapi sekarang kita bisa belajar Bahasa inggris online kok.. kita bisa kepoin atau download jenis soal tes TOEFL(kalo ada sama jawabannya) buat belajar.

Praktisnya, kita bisa belajar nggak pake mahal kok. Dengan membiasakan speak English dalam keseharian : )
buat kesepakatan sama temen yang sering ngobrol sama kamu buat sering ngomong English. Dalam hal se-sepele dan sekecil apapun.. mungkin bakal kelihatan kebanyakan gaya 😀 tapi niat kita untuk belajar.. secara nggak langsung kita bakal nemu kosa kata baru buat ngomongin hal  sehari-hari dengan English.

  1. Belajar Menjahit
orang-menjahit
belajarmenjahitotodidak.blogspot.com

Belajar menjahit terlihat simpel padahal kalau dilihat dari dalam itu hal yang rumit dan memerlukan ketelitian biar hasilnya rapi dan bagus. Seseorang yang belajar menjahit secara nggak langsung belajar sabar dan telaten. Siapa sih yang nggak mau punya istri sabar dan telaten nantinya?
Tentunya bakal lebih menyenangkan kalo hal itu bisa dilakukan sehari-hari. Karena ketika kamu menghasilkan sesuatu yang biasanya beli, kemudian bikin sendiri itu bakal lebih berarti.
Belum lagi kalo nanti kamu yang bikin kemeja sendiri untuk suami-mu buat bekerja. Wuaahhh, pasti bakal keren banget kan jadi designer pribadi suami 😀

  1. Membaca Buku
images-1
beritapetang.com

Buku adalah jendela dunia.
kok bisa? Membaca membuat kita tau lebih tentang dunia. Meskipun tergantung buku apa yang kamu baca 😀
buat kamu yang males banget baca buku, kamu bisa coba dari buku yang tipis-tipis dulu, dan tentunya pilih sesuai genre yang kamu suka.
atau mungkin kamu nggak punya banyak buku?
tenaaang, kamu bisa mampir ke Perpustakaan Umum di kota kamu. Puas-puasin baca buku disana dan kalo perlu seharian disana(pengalaman pribadi), hehee… pasti sensasinya bakal beda antara yang biasa baca buku dan nggak..

  1. Menulis
g-78
bisnis.liputan6.com

Menulis? Menulis mah semua orang bisa kalik -_-
hehehe, bentar nih, menulis maksudnya bukan tulisan tangan.. tapi menulis sebuat cerita. Kronologi, fiksi, diary, dan banyak banget..

Dengan menulis, secara nggak langsung kita belajar menyalurkan apa yang diinginkan otak kita ke suatu hal berupa tulisan. Terutama kamu nih yang suka dan terbiasa baca buku, kamu kudu bisa bikin tulisan katakan aja minimal 1 artikel dalam seminggu. Wah lumayan lho waktu seminggu buat cari ide dan buat gagasan.

Atau untuk kamu yang suka nge-blog. Kamu bisa bikin review terhadap suatu produk, review terhadap tempat liburan yang pernah kamu kunjungi, dan lain sebagainya. Bermanfaat? Insya Allah bermanfaat selama tema yang dipakai positif dear : )

Atau untuk kamu yang suka fiksi dan banyak berimajinasi, bagus tuh dibikin tulisan per-chapter.. siapa tau ntar jadi buku dan laris kalo dijual 😀

  1. Olahraga
images-2
muslimah-id.com

Nggak bisa dipungkiri lagi, olahraga itu penting, mbak bro..
terutama buat orang mager(males gerak) kalo pas ngganggur. Duh, jangan dibiasain deh males-malesan apalagi kebanyakan tidur. Nggak bagus banget buat tubuh apalagi kecantikan(halah  -_-).. simpel aja, pagi-pagi lakukan stretching, atau bisa jogging..

Atau kalo mau lebih, bisa coba ikut nge-gym dan kelas yoga. Olahraga membuat peredaran darah lancar, juga peredaran darah ke otak lancar. Hal itu bisa bikin kita lebih berpikir positif dan semangat menjalani hari.

  1. Belajar Jualan Online
inilah_situs-situs_jual_beli_kelas_dunia_yang_paling_eksis_151211_0
bisnis.liputan6.com

Buat kamu yang menghindari lowongan untuk sales perusahaan. Kamu bisa nih, melatih teknik komunikasi kamu dengan mempekerjakan dirimu sendiri sebagai sales. Untuk siapa? Ya untuk diri sendiri 😀

Terkadang seseorang gengsi buat memulai jualan online. Padahal kita bisa mengembangkan beberapa keahlian sekaligus dengan jualan online.

Contohnya, seperti belajar fotografi untuk menghasilkan foto bagus nan bening dari produk kita, biar nampak professional dan menarik pelanggan. Kemudian belajar menjadi admin sekaligus humas untuk tanya-tanya produk yang kita jual, hal itu bisa bikin kita lebih luwes dalam berkomunikasi dengan orang lain. Kemudian belajar membuat design untuk pengumuman atau pemberitahuan terkait stok dan produk kamu. Dan terakhir, yang pasti kamu belajar marketing yang secara nggak langsung bikin kamu menghasilkan uang dear 😀

  1. Mengikuti Seminar
seminar-matematika-sd-ipeka-pluit
ipeka.org

Seminar apa? Ya seminar motivasi lah, wirausaha lah, sertifikasi lah, apalah.. pokoknya kita hidup itu kondisi naik turun. Sekalipun mungkin banyak orang yang sehabis ikut seminar biasa aja, alias nggak ngaruh apa-apa. At least mereka pernah ikut dan dengerin apa yang dikatakan pengisi acara disitu yang insya Allah dan kemungkinan besar bermanfaat dan membangkitkan semangat dalam diri.

  1. Mengikuti Kajian Agama
abu_qotadah_4
bisnis.liputan6.com

Kamu ngerasa sedih, galau, minder dan hidupmu sempit kah, shalihat? Mungkin kamu kurang mendekat sama Sang Pencipta. Kamu bukan kurang piknik, kamu itu kurang ngaji. Percuma banyak piknik tapi nggak pernah ngaji.

Sadari bahwa ini adalah kesempatan untuk mendekat lebih sering sama sang Pencipta. Sadari bahwa dengan ini kamu bisa menggali kemampuanmu yang lain yang bahkan lebih menguntungkan. Di saat nganggur, kamu bisa pilih-pilih teman yang baik biar kamu nggak melulu negatif dan mikir dunia. Masih banyak hal yang perlu dipikirkan dan dikhawatirkan selain belum dapet pekerjaan.

 

Alhamdulillah, nah itu tadi 11 hal yang menurutku bisa dilakukan ketika kamu lagi kondisi nganggur saat ini 😀
tetap semangat dan jangan berputus asa dari rahmat Allah : )
tetap isi kegiatan bermanfaat dan berbagilah dengan sesama  biar kamu bahagia : )

Semoga bermanfaat !

 

 

Author: Adamina Islam

both extrovert and introvert 😌

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s