Sensasi Ramadhan 1438 H

IMG-20170613-WA0001
aku akan merindukan momen2 ini gaes :”

Alhamdulillah, sekitar 2 pekan yang lalu yaitu tanggal 23 Juli 2017 kami semua umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H 🙂

TaqabalAllahu minna wa minkum, siyamana wa siyamakum.

semoga Allah menerima amalan aku dan kamu,  amalan puasa saya dan kamu serta mempertemukan kita di Ramadhan mendatang. Aamiin…
mohon maaf lahir batin ya semuanya..

Btw ya ginilah, gak tau sok sibuk atau gimana.. luamaa banget ngosongin blog padahal sudah ada gagasan yang mau ditulis bahkan di share, tapi bingung gimana mengembangkannya menjadi sebuah karya (halah -_-).

Ohiya, mungkin bakal awkward nulisnya alias bahasanya soalnya lama gak nulis sih :” baiklah kalo gitu langsung aja cerita penglamanku di Ramadhan kali ini..

“Sensasi Ramadhan 1438 H”

Why Sensasi Ramadhan? Hmm…. Jadi gini, Ramadhan tahun ini aku ikut menjadi Sahabat Zakat (SZ) di sebuah Lembaga Amil Zakat Nasional di Kota Malang, namanya Lembaga Managemen Infaq (LMI).

Awal mula aku bergabung disini :

  1. Tentunya dengan mendaftar untuk menjadi relawan. Kebetulan aku tau infonya melalui Instagram. Biar gak ngaplo dirumah njahit2 masih belajar akhirnya aku memutuskan untuk daftar. Kemudian akan dikabari via sms jika lolos administrasi untuk mengikuti tes wawancara.
  2. Alhamdulillah waktu itu dapat sms untuk menghadiri wawancara tanggal 2 Mei 2017 di Kantornya yang ternyata deket sama rumah, udah gitu masih nyasar pula waktu kesana.. Astaghfirulloh :’D
    jadi ceritanya waktu wawancara ditanyain beberapa hal seputar zakat, infaq, sodaqoh, dll. Karena beberapa hari sebelumnya sempet searching, hehe jadinya aku sekalian belajar dan bisa menjelaskan yang ditanya saat itu.
    waktu itu wawancara berdua, maksudnya 2 orang diwawancarai dalam 1 waktu. Rekan satunya namanya dek Chacha, dan yang ngewawancara namanya Mas Taufik (males manggil pak, hehe)
    didalem ditanyain beberapa hal dan sempet sedikit curhat (uhuk) karena memang jawabannya itu, hehe.. beneran ga bermaksud curhat cuma ya gimana lagi :p
    waktu wawancara juga aku sempet nyesel karena malah banyak nanya ke masnya seputar LMI, hehe bukannya apa, jadi maksudnya biar transparan sejak awal, gak ada salah paham, gak nyesel dan gak gimana setelah masuk disana.
    akhirnya sesi wawancara selesai dan pas diluar langsung tuker nomer sama dek Chacha, biar kalo ada apa2 bisa kontak2 gitu sambil nunggu panggilan selanjutnya kalo lolos.
  3. MoU

    Memorandum Of Understanding (MOU) adalah sebuah dokumen legal yang menjelaskan persetujuan antara dua belah pihak. MoU tidak seformal sebuah kontrak.

    Wikipedia.

    to be honest, awalnya aku gak ngerti apa itu MoU ._.
    setelah searching, akhirnya paham dan yang jelas saat itu dikasih tau lebih rinci seputar apa jobdesk selama sebulan nanti, bagaimana pembagian kafalahnya, dll dsb.
    Setelah paham dan mengiyakan semua langsung TTD daaann…. Pulang kerumah 😀

  4. Pelatihan Zakat di Surabaya
    tanggal 18 Mei 2017 berangkat pagi dari rumah untuk siap2 pergi ke Surabaya, padahal aslinya aku berencana buat beli Snowcake Surabaya saat itu (bukan endorse :D) tapi karena berangkatnya bareng2 rombongan, jadi yaaa…. Berangkat mah berangkat ke tujuan langsung, pulang juga langsung ke Malang : (
    gapapa lah ya mungkin belum jodoh sama Snowcakenya :”
    ohiya lanjut ke pelatihan….. jadi, waktu pelatihan disana dijelaskan banyak hal seputar zakat, cara menghitung dll, ada Frequently Ask Question (FAQ) dan kasus seputar zakat jadi yang awalnya gak paham jadi bingung, hehe
    banyak banget dan langsung gak sabar pingin praktek di lapangan biar paham banget gitu maksudnya, soalnya ada beberapa hal dan materi yang pahamnya itu pas praktek langung, tapi materi juga penting…

Foto jaman kinyis kinyis belum kenal

  1. Jadi Leader

Leader adalah pemimpin, aku sendiri ngga tau kenapa ditunjuk jadi Leader ._.
apakah karena curhat waktu wawancara :”
apakah karena mukaku kelihatan galak :”
apakah karena aku ini tua :” (eh maaf ya gak tua2 banget lah dibandingin yang keterima disana -_-)
oke lanjut, jadi tugas leader itu untuk mengarahkan rekan2 satu timnya untuk menjadi lebih maju dan percaya diri di lapangan dengan berbagai macam strategi dan teknik (halah).. juga yang diamanahi untuk mencatat penghimpunan harian dari rekan-rekan satu timnya. Kemudian aku mengiyakan 🙂

IMG-20170613-WA0000
Temen 1 Tim, tim hore!! \(^o^)/
  1. Pembagian Lokasi dan Rekan Satu Tim
    kegiatan pembagian ini dihadiri oleh Mas Taufik, Mas Lutfi dan Leader lainnya, kebetulan ada 3 Leader yang ditunjuk, Septrian, Rahma dan aku.
    saat itu juga dibagi lokasi masing-masing Sahabat Zakat dan rekan satu timnya beserta penjelasan rinci mengenai tugas leader.
  2. Satu Bulan Menjaga Gerai
    partner menjaga geraiku namanya Jazila, dia anak Aremanita ngets lah >.< jadi dalam 1 tim ada 6 orang. 4 orang satu lokasi denganku, dan 2 lainnya di tempat lain. Kita mengadakan evaluasi tiap 1 pekan sekali untuk meninjau bagaimana hasil sejauh ini, bagaimana sebaiknya kedepannya dan yang jelas sambil buber, hehehe biar santai kalo ngomong >.<

    P_20170604_150123
    contoh paket pahala yang kami tawarkan sebulan kemarin.. :’)

Di akhir cerita Sensasi Ramadhan, kenapa namaya Sensasi Ramadhan? Karena ini beda sama Ramadhanku sebelumnya, di Ramadhan kali ini aku ingin mendapatkan pahala dan ridho Allah melalui kegiatan ini, mengajak orang lain untuk tidak lupa membayar Zakat Fitrah yang hukumnya wajib dan bahkan menjadi donatur rutin tiap bulannya.

Di akhir bulan Ramadhan juga hatiku ngrasa sedih dan hampa (ini asli bukan alay). Karena yang tiap hari ketemu kudu berakhir dan berpisah. Terutama teman satu timku, si Fadliana yang Pejuang Skripsi, si Dwi yang paling muda, si Faishal yang tepat waktu, si Fathir yang selalu ngaret dan tentunya Jazila temen satu shiftku :”

Hey rek, kangen deh, terima kasih ya sudah menemaniku di Ramadhan kali ini. Buanyak hal yang aku pelajari dan aku minta maaf jika sebagai leader banyak sualah ke kalian :”

Kita semua rekan dan selamanya kudu dijaga ukhuwahnya, bukan hanya rekan satu tim, tapi kita semua..

Semoga apa yang kita dapatkan di Ramadhan kali ini Berkah dan Allah ridhoi.. dan semoga kita selalu dipertemukan dengan kebaikan di dunia dan akhirat.. aamiin…

P_20170623_110543
terima kasih semuanya, dan mohon maaf jiwa raga 😀

 

 

Advertisements

Author: Adamina Islam

both extrovert and introvert 😌

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s