Cara Memperpanjang SIM 2017

Assalaamu’alaykuum…

Wa’alaykumussalaam \(^o^)/

Alhamdulillah, jadi tahun 2017 ini adalah waktu dimana KTP dan SIMku harus diperpanjang. Tapi karena KTP sudah e-KTP jadi tidak perlu diperpanjang selama tidak ada perubahan data didalamnya. Dan untuk SIM harus tetap diperpanjang.

Sejujurnya aku kikuk dan bingung di tempat keramaian, terakhir ke Kantor Pelayanan SIM Polresta Malang tahun 2012 dan itu pas sakit gigi, hehe jadi ingatanku sungguh nge-blur untuk urutan2 apa saja yang dilakukan begitu nyampek disana. Awalnya aku mau coba perpanjangan di awal bulan Juli, begitu nyampek ke Kantor Pelayanan SIM Polresta Malang yang lokasinya deket SMP 3 eh ternyata gak bisa, karena baru bisa diurus perpanjangan 14 hari sebelum SIM mati. Hehe yaudah disana gak nyampek 5 menit udah pulang, dan untungnya gak kena parkir :p

Kemudian aku searching2 tentang kelengkapan apa saja yang harus dibawa saat perpanjangan SIM. Karena disitu menyantumkan surat kesehatan, aku memutuskan buat bikin surat kesehatan di puskesmas biasa saja. Karena kalo di Kantor Pelayanan SIM Polresta Malangnya ntar jadi lebih mahal dan antrinya itu juga yg bikin males tepatnya, hehehe.. Surat Keterangan Sehat itu berlaku selama 1 bulan. Aku baru urus beberapa hari sebelum memutuskan perpanjangan SIM dan di surat keterangan sehat tersebut harus ada gol. darah, mata minus plus silinder dll, buta warna, tinggi dan berat badan, tensi, pokoknya lengkap.

Kemudian aku searching2 lagi tempat perpanjangan SIM di Malang yang sekiranya antrinya gak panjang bgt dan ngurusnya cepet, hehe.. disitu ada MOG dan Plaza Araya. Datanglah aku ke MOG karena setauku di MOG itu tempat buat bayar STNK. Dan ternyata benar, di MOG sudah tidak bisa lagi buat perpanjangan SIM karena adanya Samsat Corner. Kemudian beberapa hari setelahnya aku ke Plaza Araya buat perpanjangan, di Plaza Araya ini SIM Corner libur hari kamis dan jum’at, jam bukanya 14.00. tapi biar gak antri banyak juga, karena mall buka jam 10, sekitar jam 12an aku baru brgkat dari rumah biar disana langsung antri. Daannnn ternyata nggak bisa :” karena mesinnya sedang perbaikan….. dih, perpanjangan SIM butuh perjuangan kesana kemari, hiks….

P_20170724_125504
SIM Corner di Plaza Araya Malang
P_20170724_125413
kertas ini tertempel manis di tembok deket SIM Corner Plaza Araya

Kemudian keesokan harinya aku mengurus perpanjangan SIM di Kantor Pelayanan SIM Polresta Malang deket SMP 3. Karena disana buka jam 8 dan banyak yang bilang kalo antrinya panjang, aku disuruh dateng pas subuh… hahaha yang bener aja habis sholat subuh cuss kesana buat antri padahal nomer antrian baru dibagi jam 8.. >.< aku memutuskan jam 7 baru cuss dari rumah… begitu nyampek sana langsung parkir motor, dan ya, antrinya sudah panjang :” untuk perpanjangan SIM menuju ke antrian baris kiri, untuk buat SIM baru menuju antrian baris kanan.

P_20170725_072941
antri ketika dateng jam 7.15

Dan untuk kelengkapan apa saja yang harus dibawa ketika kamu memperpanjang SIM.

Perpanjangan SIM di Plaza Araya :

  1. Fc KTP 2
  2. Fc SIM 2
  3. Surat Keterangan Sehat
  4. Map Biru untuk pengendara roda 2
  5. Uang
  6. Meja Dada dan Bolpen (biar gak bingung isi formulir pas mejanya rame)

Perpanjangan SIM di Kantor Pelayanan SIM Polresta Malang deket SMP 3 :

  1. Fc KTP 1
  2. Fc SIM 1
  3. Surat Keterangan Sehat
  4. Map Biru untuk pengendara roda 2
  5. Uang
  6. Meja dada dan Bolpen (biar gak bingung isi formulir pas mejanya rame)

Ohiya sedikit info buat yang ngurus surat keterangan sehat di daerah Polresta SMP 3, biasanya setelah mengurus surat kesehatan dengan tarif 20.000, kamu akan ditawari Asuransi diri atau asuransi apa gitu dengan biaya sebesar 30.000, tapi fyi asuransi itu hanya optional, gak wajib. Jadi daripada 50.000 terbuang mending ngurus surat kesehatan di puskesmas dengan biaya 10.000 saja, hehe..

Kemudian ini langkah-langkah yang dilakukan ketika memperpanjang SIM :

  1. Antri mengambil nomer antrian, yes!! Habis parkir kamu harus antri apapun yang terjadi.. pokok yang penting kamu harus dapat nomer antrian dulu, karena sehari hanya melayani 100 orang saja untuk yang di Polresta, dan untuk di Plaza Araya 50 orang sehari.
  2. Pastikan kelengkapan berkas. Ketika antri nanti kamu akan bertemu dengan banyak orang yang bawa map lah, apa lah, pokoknya berkas-berkas itu.. nah buat kamu yang berkasnya belum lengkap dan bisa jadi minder.. entah lupa bawa fotokopi, lupa bikin surat keterangan sehat, tahan dulu.. jangan keluar barisan, nanti kalo sudah dapet nomer antrian baru urus semuanya..
  3. Dapet nomer antrian dan dapet formulir biru. Nah, setelah kamu dapet ini, disini peran meja dada dan bolpen yang kamu bawa dari rumah tadi buat isi kelengkapan formulir, sambil nunggu nomer antrian dipanggil buat masuk.
  4. Nomer antrian dipanggil, kemudian kamu beserta 19 orang nomer antrian lainnya disuruh masuk dan duduk di kursi biru untuk jepret(nyeteples, halah) nomer antrian ke map dan jepret(nyeteples) surat keterangan sehat, fc KTP dan SIM jadi satu di map.
  5. Ke loket 1 buat penyerahan berkas map biru tadi sama SIM lama, buat yang perpanjangan dua SIM, contohnya SIM A dan SIM C, bisa kasihkan sekalian jadi di formulir pilih 2 untuk perpanjangan SIM A dan SIM C.
  6. Nunggu dipanggil buat foto, nah disini kamu bisa merasa tenang karena pembuatan SIM barumu sudah 80% selesai.. ketika sudah dipanggil nanti di ruangan tsb akan ada cermin untuk merapikan diri, tapi karena saat itu aku cukup percaya diri dan gak butuh cermin, hahha… aku gak ngaca :3
  7. Namamu dipanggil untuk Foto, sidik jari semuanya, ttd dan jangan lupa pakai baju warna cerah bukan ngejreng untuk yang berkulit gelap seperti aku 😀
  8. Setelah foto, Ke loket sebelah kiri serahkan map berkas dan bayar biaya perpanjangan.
  9. Tunggu sebentar, SIM jadi…. Dan aku merasa sedikit menyesal melihat jadinya SIMku, karena di foto ternyata kerudungku miring :’) inilah akibat hamba yang sombong dan tidak ingin melihat kekurangan pada diri sendiri… (halah -_-)
P_20170725_122549
tarif perpanjangan SIM mulai 6 Januari 2017

Jadi total biaya yang aku keluarkan untuk perpanjangan SIM : tarif perpanjangan SIM C (75.000) + surat Keterangan Sehat (10.000) + map biru (3.000) + Parkir, hehe (2.000) = 90.000.

total biaya diatas tidak include biaya makan bakso dan cemilan lainnya :3

Alhamdulillah SIM baruku sudah rilis!!! Gak perlu baper dan sedih ketika di jalanan dan sadar SIM mau mati. Ohiya, kalo bisa buat reminder di HP 5 tahun mendatang untuk segera perpanjangan SIM sebelum terlambat, karena buat SIM yang sudah mati tidak bisa diurus lagi selain harus BIKIN BARU 😦

Dari semua prosesnya sebenernya bikinnya gak ribet kok, hanya saja antrinya memang HARUS SABAR 😀

Terima kasih, semoga bermanfaat…

Advertisements

Author: Adamina Islam

both extrovert and introvert 😌

2 thoughts on “Cara Memperpanjang SIM 2017”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s