Renungan

la hawla wala quwwata illa billah

Alhamdulillah, barokallohu fikum 🙂

memasuki Ramadhan hari ke 8, masih diberi kesempatan bisa puasa, sehat, serta semangat ibadah perlu disyukuri yaa teman², karena gak semua hamba Allah itu diberi kemudahan untuk merasakan nikmat ibadah.

malam ini akhirnya harus update melalui hp karena laptop sedang digunakan untuk jihad kakak saya (kerja 😂). dan pembahasan masalah ini mengenai kalimat “la hawla wala quwwata illa billah“.

saya rasa teman² sudah tau dan pasti familiar dengan kata² ini. tapi familiar aja nggak cukup kalo gak paham, yakan?

berawal dari suka dengerin boosternya Ustad Hanan Attaki. di salah satu boosternya ada yang membahas tentang dahsyatnya dzikir “la hawla wala quwwata illa billah“, yang insya Allah artinya adalah,

tiada daya dan upaya makhluk, melainkan kehendak Allah.

sekilas ga begitu terasa feelnya, tapi begitu ada penjelasan² yang aku tangkap.

kayak, ketika bener² ga ada makhluk yang mampu menolong, itu kesempatan kita harus minta sama Allah.

dalam hidup, semuanya gak terlepas dari kuasa Allah. manusia gak mampu menolak kemalangan atau bahkan kebaikan yang akan terjadi, semuanya kehendak Allah.

bisa jadi rasa sakitlah yang mengajarkan kita kebaikan daripada kebahagiaan. bukankah kesakitan yang membuat kita sadar itu lebih baik dari kenikmatan yang membuat lalai?

coba aja dari hal kecil dan sepele, mengandalkan “la hawla wala quwwata illa billah”, contoh pribadi nih.. misalnya waktu itu pernah diajak nongkrong sama temen sekaligus makan². kondisi waktu itu dompet nipis banget, akhirnya aku merekomendasikan ke tempat yang kece dan murmer, tapi temenku merekomendasikan ke tempat yg mahal gitudeh, karena katanya dia pengen kesana.

disitu rasanya kayak gak nyaman banget, udah mau nolak males nambah masalah kalo nolak kesana. yaudah akhirnya ngebatin deh

ya Allah, aku males banget kesitu soalnya mahal dan menunya gitu² aja, semuanya pada setuju kesana jadi aku ga mungkin bisa nolak sendirian. aku cuma pingin minum float di k*c ya Allah.. karena males banget kalo ke tempat lain.. la hawla wala quwwata illa billah….

dan itu aku terus dawamkan “la hawla wala quwwata illa billah”. sambil di dalam hati pasrah, “kalo emang kudu ke tempat yg mahal yaudah itu kehendak Allah, mungkin ada kebaikan disitu. tapi kalo bisa ke k*c jauh lebih baik, itu juga karena kebaikan Allah“.

waktu itu janji ketemuan jam 4 sore. udah jam 3an ga ada kabar, aku pasrah, okehlah siapin duit banyak buat makan :3

beberapa menit kemudian, temen² pada ngabarin pindah lokasi ke k*c.

“loh? kok bisa tiba² pindah lokasi? katanya pengen ke situ…”.

“iya, pinginnya makan yg ada nasinya, jadi ke k*c ajadeh, hehe..”

nah kan…. itu simpel banget! kalo kita percaya, hal se-sepele apapun jadi bisa bikin bahagia..

terus pernah juga waktu itu mau kulak (ceritanya jualan), tapi ga ada uang buat kulak karena barang yang udah terjual uangnya kepake buat operational lainnya. akhirnya andalkan aja “la hawla wala quwwata illa billah”

la hawla wala quwwata illa billah.. ya Allah engkau Maha Kaya dan Maha Kuasa.. hamba pingin kulak ya Allah, tapi ga ada uang, gimana dong ya Allah? kalo memang rencanamu hamba belum waktunya kulak, hamba oke oke aja ya Allah, tapi kalo udah waktunya kulak, berikan kemudahan ya Allah.. karena memudahkan yang sukar adalah suatu kemudahan bagiMu.

udah gitu habis do’a dawamkan aja terus la hawla wala quwwata illa billah… tapi harus dengan keyakinan dan ber-akad dengan hati yaa, gak cuma lisan aja yang ngomong, dihati hampa dan gak yakin.

juga percayalah, Allah gak mungkin menyianyiakan kepercayaan kita :”) coba aja sering² dalam kehidupan sehari-hari. meskipun iman seseorang itu berbeda-beda tingkatannya.

ibaratnya, meskipun 1000 orang mau bantu kamu, tapi Allah gak berkehendak. maka hal itu ga akan mungkin.

dan meskipun ga ada orang yang mau atau bisa bantu kamu, tapi Allah berkehendak kemudahan, maka apa yang tidak mungkin?

berdasarkan kesimpulanku, hidup itu sebnernya bisa dibikin selow dan rileks. bukan dalam arti bermalas-malasan yaa..

maksudnya itu, kita hidup hanya perlu trust sama Allah. habis usaha ini, Allah yang tentukan hasil. habis usaha itu, Allah yang tentukan hasil… udah itu aja sebenernya.

karena hidup didunia emang cuma sebentar, jadi ga usah terlalu diseriusin sampe bikin stress.. biarkan dunia ada di genggamanmu, dan akhirat ada dihatimu. jangan kebalik.

semoga kita bisa andalkan dzikir ke Allah ya.. karena dekat dengan Allah itu pasti enak banget!

Alhamdulillah, mohon maaf kalo artikelnya kurang memuaskan. disini maksud saya sharing aja pengalaman kecil²an. berharap bisa bermanfaat dan menginspirasi 😊

Advertisements
Renungan

Pendulum

seperti wahana pendulum yang berputar putar. naik turun. bikin pusing.

tapi tau gak, kalo kita bisa menggambarkan hidup melalui pendulum itu tadi.

hidup itu kadang bikin mabuk. mabuk kebahagiaan atau mabuk kesengsaraan.

sebelum benar² terlahir di dunia, kita pernah memilih untuk menjalani hidup sebagai manusia.

manusia yang tingkatannya bisa dibawah hewan karena menjalani hidup tidak sesuai aturan. atau manusia yang tingkatannya berada diatas malaikat karena hidup berdasarkan aturan dan patuh pada Pencipta. itu kehendak manusia untuk memilih jalannya masing².

hidup itu gak mudah. kamu akan dibuat muak dan sengsara pada hal yang tidak selamanya. atau mungkin kamu akan dibuat terlena dan bahagia pada sesuatu yang tidak seharusnya.

kamu akan berputar putar dari atas kebawah dan merasakan “sensasi” hidup itu sendiri. untuk menguji, seberapa yakin kita pada “pengaman” pendulum tadi.

realitanya, kita hidup pasti bakal pernah habis sedih, tapi masih ada aja lagi masalah gak kelar² yang bikin makin sedih. untuk menguji seberapa yakin kita sama yang menciptakan kita dan memberikan hidup.

pengaman di pendulum belum tentu 100% aman, pasti harus sering di cek dan dipastikan untuk keamanan penggunanya.

tapi, Tuhan, yang menciptkan kita dan seluruh alam semesta ini gak mungkin memberikan rasa sakit tanpa obat. kita selalu ada di genggamannya. tinggal kita mau yakin apa nggak.

kita boleh jadi diputer puter dibolak balik di pendulum tadi, tapi pengaman tetaplah memastikan kita biar kita gak lepas dari situ. seperti Tuhan yang gak mungkin melepaskan kita, terlebih ketika masa² sulit datang.

yang perlu kita lakukan hanya diam menikmati momen itu sambil dalam hati penuh keyakinan dan harus melakukan hal yang benar atau sesuai aturan. kan gak mungkin juga kita begitu aja ngelepasin pengamannya. kecuali kalo orangnya gak sabaran gak kuat dan pingin turun…

Renungan

Sebaik baik Wanita di Surga

Apa kabar resolusi tahun 2018? : ) (telat banget sekarang udah Maret din -_-)

Selain fokus sama kegiatan-kegiatan, jangan lupa buat muhasabah selalu ya, biar kita bisa jadi muslimah keren idaman surga.

Jadi kali ini aku mau share hasil rangkuman (catatanku sendiri) waktu dateng ke talkshownya Dr. Sri. Sekitar tanggal 16 September 2017. Ya emang udah lama soalnya terpendam sama catetan lainnya. Semoga bermanfaat..

fakta muslimah hari ini:
melupakan muslimah di jaman Rasululloh dan beralih mengidolakan artis² dsb.

adapun sebaik baik wanita di surga ada 4, yaitu:

  • Maryam binti Imran

وَإِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفَاكِ عَلَىٰ نِسَاءِ الْعَالَمِينَ

Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).

— Ali Imran : 42

Maryam adalah ibu dari Nabi Isa. Beliau merupakan wanita yang menjaga kesucian dan menjaga diri. Menundukkan pandangan, tidak melakukan zina dsb. Intinya, beliau adalah wanita yang sangat terjaga dan selalu dijaga oleh Allah..

godaan akhwat jaman sekarang bisa berupa belanja, cara bersikap, pacaran (yang hilang moral dan rasa malu), menutup aurat juga bagian dari rasa malu.

malu adalah akhlak islam (dalam islam), malu sebagai hukum nature (dalam psikologi).

  • Khadijah binti Khuwalid

Beliau adalah istri Rasulullah dan wanita yang paling terhormat nasabnya, hartanya dan cerdas otaknya.

perempuan pertama yang percaya Rasulullah saat wahyu pertama turun.

Kita sebagai muslimah harus bisa menjaga diri dan waspada terhadap jeratan cinta. Setelah menikah itu ta’aruf terus, belajar setiap hari. Karena hidup itu untuk belajar, seperti menikah juga kita harus belajar untuk memahami pasangan kita seumur hidup.

yg harus diperbaiki dalam hubungan remaja ataupun yang belum nikah : intimacy (kedekatan, kakak²an bagi yang belum halal), passion (punya minat yg sama lalu ngerasa cocok dan terjadi khalwat yang dengan alasan ngomongin passion yang sama), komitmen (mau di htskan? hubungan tanpa status? Jangan deh kalo si dia gak mau menghalalkan kamu).

belajar cinta sejati dari Khadijah.

menikah muda yang tren itu memantaskan diri, banyak perhitungan. Karena menikah muda itu harus di edukasi, bukan hanya dikompori.. semoga kita bisa terjaga dengan cinta sejati 😊

  • Fatimah binti Muhammad

Wanita dengan ilmu pengetahuan yg tinggi, kefasihan yg mengungguli kaum pria sekalipun, sabar, sederhana, zuhud dan tegar. Begitulah Fatimah binti Muhammad..

orang yang rugi, yang berilmu tapi ilmunya dimanfaatkan orang lain.

lifeskill itu penting, kita sebagai wanita hebat harus bisa menguasai berbagai macam hal dan menjadi multifungsi. Memanfaatkan barang tidak terpakai yang ada untuk kemudian bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lain misalnya.. menjadi kreatif dan inovatif.

jadi muslimah harus suka makanan sehat, karena ketika hamil butuh kaki yg kuat, punggung yg kuat dll.

Yap, makanan sehat itu penting. Makan cilok, sempol boleh dan sah sah saja karena kita harus bisa bikin itu sendiri 😀 dengan gitu kita bisa tau bahan apa aja yang masuk ke dalam tubuh kita. makan sayur dan buah gak pilih², lebih tepatnya sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.

rajin olahraga, karena muslimah butuh fisik yg kuat dan pikiran harus rileks.

Ketika ragamu sehat, peredaran darahmu ke otak lancar, bisa membuat kita berpikir lebih jernih dan kreatif tentunya 🙂

otak perempuan harus memiliki : pusat komunikasi dan ketrampilan, sharing vs pemecah masalah, agresi vs diplomasi, berpikir logis vs berpikir emosional.

pusat komunikasi dan trampil menjadi kelebihan wanita, jadinya tidak tuntas dan mengambil banyak hal.

  • Asiyah binti Muzahim

Beliau adalah istri dari fir’aun. Setelah ketaatannya pada Allah diketahui oleh fir’aun, dia menjadi bahan siksaan fir’aun hingga meninggal dunia..

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Dan Allah membuat isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.

— At Tahrim : 11

Beliau adalah perempuan istiqomah,
istiqomah dengan lisan,
istiqomah dengan hati,
istiqomah dengan jiwa.

sebagaimana beliau tetap istiqomah menjaga Allah dihatinya, beriman dan yakin terhadap segala kebesaran Allah, meskipun itu menyakitkan hingga ia meninggal ketika disiksa oleh fir’aun.

—o—

ketika diri ingin menjadi lebih baik, kemudian membangun komitmen dengan diri sendiri, karena adanya motive dan pertimbangannya, kemudian memilih, dan memutuskan untuk tetap istiqomah.

jika ingin membangun keluarga, sebaik baik motif berkeluarga ialah agar bisa masuk surga bersama dll.

okelah, ke 4 wanita yang sudah disebutkan tadi, yaitu Maryam, Khadijah, Fatimah dan Asiyah, mereka perempuan yang melakukan sesuatu untuk mendapatkan ganjaran istimewa. mereka menjaga diri, mereka pemalu, menundukkan pandangan, istiqomah, begitu cerdas dan berharga.

maka jadilah perempuan produktif yang tidak banyak berkhayal. dan jangan berputus asa, karena tidak ada produk buatan Allah yang gagal, semua tercipta memiliki kekurangan dan kelebihan.

—o—

Sekian catatan dan ringkasannya, ada beberapa hal pribadi yang aku tambahkan diatas. dan maaf kalo catetannya jadi loncat-loncat, ehehe.. dikarenakan apa yang disampaikan sama pemateri dirasa penting semua langsung dicatet deh..

barokallohu fikum 🙂

Renungan

Sakinah, Mawaddah, Warohmah..

samawa

Bismillah… Barokallohu fikum untuk semuanya.. semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah, kasih sayangNya dan naungan Iman, Islam yang selalu terjaga ^^

Kita sering banget denger kata “sakinah mawaddah warohmah”.. terutama lagi kata-kata ini selalu ditujukan bagi mereka yang baru saja menikah, halal dan sah menjadi suami istri..

Continue reading “Sakinah, Mawaddah, Warohmah..”